Friday, 23 March 2012

Salamander Luwe Hulu (Pedalaman Kalimantan)

Sudah 3 hari aku berada di desa Luwe Hulu di kecamatan Lahei Kabupaten Barito utara Kalimatan Tengah untuk standby menggantikan orang IT di Salamander Energy. Perjalanan yang cukup melelahkan untuk mencapai kelokasi ini membutuhkan waktu sekitar 11-12 jam perjalan lamanya dengan menggunakan perjalanan darat dari Banjarmasin ke Muara Teweh (Kalimantan Tengah) dan perjalanan berlanjut dengan menggunakan Speed Boat sekitar 1 jam untuk sampai di daerah Luwe Hulu.

Didepan Barge

Aku mendapatkan tugas untuk standby didesa ini selama 2 minggu untuk mengontrol jaringan telekomunikasi dan IT.Selama didesa ini aku tinggal di Salamander Barge,yaitu kapal semacam tongkang yang digunakan untuk office dan tempat penginapan untuk karyawan beserta kru yang bekerja di pengeboran minyak.

diperusahaan ini terlihat kekompakan sangat terjalin dengan baik,tiap pagi semua pekerja diwajibkan untuk mengikuti meeting pagi Barge untuk mengeevaluasi hasil kerja dan prepare untuk kerja harian.meeting dihadiri oleh pimpinan perusahaan,IT,Teknisi Listrik,Radio,Driver,Kru Driver,dan pekerjaan yang lain, semua berbaur menjadi satu tanpa membedakan posisi masing-masing.  

Untuk jam makan sendiri sudah diatur yaitu untuk pagi dari jam 05.30-07.00, makan siang 11.30-13.00 dan makan malam 17.30-19.00.makanan yang tersedia beraneka ragam ada makan ala barat dan ada juga ala Indonesia.

Aku bertugas di dua tempat yaitu di Office yang ada di OnSource (didarat) dan di OutSource (dilaut/Sungai).
kegiatan perusahaan disini begitu padat,ada pengeboran minyak,ada pertambangan batubara,dan Logging Kayu.Benar-benar prihatin aku melihat penebangan pohon secara besar-besaran.Apalagi kayu yang dibabat habis itu berukuran sangat besar yang membutuhkan puluhan hingga ratusan tahun untuk tumbuh.
Ya Semoga saja ada kepedulian dari perusahaan tersebut untuk menjaga kestabilan lingkungan sekitar.



4 comments:

Qefy said...

Selamat bertugas ya Mas. Semoga selalu lancar nih tugasnya selama 2 minggu. Kalau sempat berfoto2lah yang banyak, agar tahu kondisi daerah sana. Btw, saya tertarik semangatmu Mas, "...dilahirkan di kota seribu sungai yang sedang menyelesaikan pendidikannya dan berupa keras untuk meraih 100 Impiannya. terus belajar dan perbaiki kualitas diri... Move On". Semangat!!!

outbound training di malang said...

kunjungan ..
salam sukses selalu ..:)

JejakShally said...

seru yak kayaknya bisa kerja di daerah yang perjalanannya aja udah harus bikin kita sabar. klo di kota besar sebentar-sebentar macet, atau banjir, ujung-ujungnya bukan mikirin kerjaan tapi malah mikirin kondisi jalanan, eheheheheee...
sebelumnya salam kenal mas hehehee :D

Arif Ramadha said...

iya bener...klw d jakarta mah pikiran nya macet mulu...

iya,makasih ya atas kunjungannya...salam kenal jga...