Monday, 29 August 2011

Kultwit #Nikah


1. Nikah = Nikmat & Indah Kalau Akad Halal. Jd hubungan akan jd Nikmat dan Indah nantinya, soalnya halal. #nikah

2. "Menikah itu pintunya rezeki". Namanya pintu, ya Anda kunci dan lubang kuncinya. #nikah

3. Jgn dianggap tabu ya? Tp ini bener, laki2 itu kuncinya rejeki, wanita itu lubang kunci dr pintu rejeki. #nikah

4. Menikah adl menempatkan kunci yg pas kedalam lubang kunci yg benar. Disaat itulah, pintu rejeki benar2 terbuka selebar-lebarnya. #nikah

5. Mereka yg blm nikah tp "macem-macem" brarti sdg mncoba memasukan kunci yg salah ke lubang kunci yg salah, hasilnya?? PATAH!! #nikah

6. Krn itulah knapa menikah menjadi penjaga dan pembuka pintu rejeki. Supaya kita tidak mematahkan kunci rejeki kita. #nikah

7. Itulah knapa para guru dan ulama, menyarankan utk menikah muda, agar kita terjaga rejekinya di masa depan. Ini kata guru saya. #nikah

8. Logika begini, knpa menikah bs membuka rejeki lbh lapang. Percaya nggak kalo setiap manusia lahir telah membawa rejekinya masing2? #nikah

9. Klo prcaya, brarti ini masuk akal. Bayangkan, rejeki 2 orang digabung menjadi satu, apa nggak besar tuh jadinya??? PAHAM?! #nikah

10. Itu dr sisi rejeki, dr sisi tanggung jawab sbg pemimpin di muka bumi apa dong? Gini. Setiap manusia brtanggung jawab utk dakwah. #nikah

11. "Sampaikan walau 1 ayat" adl perintah yg sgt jelas bhw manusia hrs mmberi kabar gembira & mmberi peringatan utk manusia yg lain. #nikah

12. Menikah jg berarti melengkapi tim Anda dalam berdakwah. Ini serius. Knapa? Krna dakwah itu berat. #nikah

13. Kalaulah dakwah itu ringan, tak mungkin Allah mengutus Harun utk menemani Musa. Tak meminta Ismail utk menemani Ibrahim, ayahnya. #nikah

14. Tak mungkin jg Muhammad SAW perlu disupport oleh Khadijah. Krn dakwah itu berat, maka Anda butuh partner. #nikah

15. Dan menikah adalah proses "partnerisasi" Anda yg sebenarnya. Disini kita membangun idealisme, penyelarasan, dan pendewasaan. #nikah

16. Mau tahu gak 5 tahapan nikah yg sy kupas dr rukun islam? Mhon koreksi para guru @ahmadgozali @ipphoright @aryodiponegoro @Muhammad_rofiq

17. Rukun Islam itu sdh diatur sedemikian rupa utk keselamatan & kesempurnaan agama. Menikah jg menyempurnakn agama. Jd nyambung nih. #nikah

18. Urutannya, rukun islam adalah Syahadat, Sholat, Puasa, Zakat dan Haji. Urutan menikah jg sama. #nikah

19. Bahas dr Syahadat y? Syahadat artinya bisa ikrar, janji atau sumpah. Ini proses yg trjadi saat Ta'aruf (mengenal, bkn pacaran) #nikah

20. Ada ikrar yg harus terjadi di situ, apa ikrarnya? "Saya suka dan siap serius/ menikah dengan Anda". Itu ikrarnya. #nikah

21. Klo sudah berikrar, maka pantang sudah untuk mundur, betul tweeps? Lanjut terus, dan terima segala konsekuensi & kewajibannya. #nikah

22. Panjang tuh sebenarnya, tp lanjut aja biar gak trlalu malem bahasnya. Kita lanjut ke yang kedua yaitu "SHOLAT". #nikah

23. Apa sholatny org Ta'aruf (bca: proses mengenal)?? Ini dia. Sholat adl simbol ketaatan kita pd Allah. Dlm ta'aruf jg ada ketaatan. #nikah

24. Slama itu tujuanny baik utk saling mengingatkn maka kita hrs "taat". Ini utk kebaikan, ex: pasangan meminta stop merokok ya stop. #nikah

25. Stlh simbol ketaatan ditegakan. Mk kita bs melangkah ke yg ke-tiga. PUASA. Puasa artiny menahan. Itulah knapa dia ada di tengah. #nikah

26. Ditengah krn puasa adl pembatas antara yg wajib dan yg sunah. Jk 2 langkah wajib td (ikrar & taat dlm kebaikan) dipenuhi. Lanjut. #nikah

27. Puasa sndiri artiny menahan. Inilah knapa ia jg brada di langkah ke-3 dlm proses ta'aruf. Jk tak bs menahan, akn rusak prosesny. #nikah

28. Ini yg dikwatirkan para ulama, knapa bbrp mengharamkan pacaran. Ditakutkan yg ketiga ini gak kepegang. #nikah

29. Kalau bisa, silahkan dilanjutkan ke langkah ke empat dlm perkenalan, yaitu ZAKAT. Zakat adl simbol keikhlasan. #nikah

30. Ikhlas disini bukan berarti tak berharap, tp memastikan niat buruk bukan menjadi dasar Anda menikahi seseorang. #nikah

31. Bukan krna harta semata (walau boleh), bukan krna nafsu (meski ini manusiawi) atau niat buruk lainnya. #nikah

32. Pokoknya gitu deh *ngebut ya mau cepet istirahat. Hehe., Nah setelah ZAKAT dipenuhi maka sampailah ke yg terakhir. Yaitu HAJI. #nikah

33. Haji= menyempurnakan ibadah (rukun). Kesempurnaan ta'aruf ya Akad Nikah lah. Sempurna deh sudah. #nikah

34. Eitsss, tp msh ada lagi. Dlm haji ada tahalul, sa'I, melempar jumroh, tawaf dan wukuf. Masih mau dibahas nggak?? #nikah

35. Tahalul= memotong rambut. Tweeps coba deh prhatikan. Orang klo habis potong rambut, pst jd agak beda & trlihat wjah baru, btul? #nikah

36. Menikah jg demikian, klo sdh nikah. Anda akan pny kehidupan baru, luapakan masa lalu yg buruk baik diri sndiri maupun pasangan. #nikah

37. Dlm haji jg ada Sa'i. Berlari kecil dr safa marwah 7x. Ini adl simbol upaya dan kerja keras. Dlm menikah inilah yg hrs dilakukan. #nikah

38. Berkeluarga jg dmikian, berusahalah, berkeringatlah dlm mmbangun pondasi ekonomi keluarga bersama-sama, & lakukan berulang kali. #nikah

39. Lalu ada juga melempar jumroh. Melempar simbol setan. Artinya jika diterapkan dlm menikah, ini adl membuang smua sifat buruk. #nikah

40. Lempar itu semua sifat buruk jika Anda sedang membangun keluarga dlm rangka menyempurnakan ibadah. Gak ada akal bulus. #nikah

41. Jangan memelihara, iri, dengki, dendam, hasut, apalagi memang sengaja berniat buruk (niat setan). #nikah

42. Setelah itu kita jg harus tawaf agar sempurna prosesinya. Tawaf: mengelilingi ka'bah 7x. Artinya dlm menikah? #nikah

43. Lihat pasangan Anda scra utuh dr smua sisi. Jgn hny mau baikny, trs g' mau lihat burukny. Inilah yg sy bilang diawal konsekuensi. #nikah

44. Pastikan Anda mlihat dr sgala sisi & trima itu sbg konsekuensi. Lalu perbaiki bersama jika memang ada yg krg baik. Ingat tahalul. #nikah

45. Yg terakhir wukuf di arafah. MERENUNG, koreksi, evaluasi, dan refleksi. Tanyakn lagi pd diri Anda sendiri utk tujuan tsb di atas. #nikah

46. Bagi Anda yg wanita, tanyakan, "sdhkah sy menjaga amanah harta dan martabat yg diberikan oleh suami saya?" #nikah

47. Utk Anda yg laki2, ini penting perhatikan baik-baik dan camkan!!! Tanyakan pada diri Anda sendiri. Pertanyaan yg dahsyat berikut. #nikah

48. "Sudahkan saya menyelamatkan Isteri dan anak-anak saya dari azab Api Neraka?" #nikah

49. Nah itulah tweeps, sedikit kajian yg sy kupas ttg menikah dr rukun islam. Maaa'aafffff sekali jk sy salah krn sy msh single. #nikah

50. Sy kembalikan ke Anda. Sy tahu pasti ada yg menghujat sy, hehe. Tp niat sy hny berbagi, slma msh ada kesempatan. Takut gak smpet. #nikah


Follow @andre_raditya for more kultwit penulis buku lifesign...

No comments: