Friday, 7 January 2011

Hilangnya Keasrian Rimbunan Pohon di Salah Satu Sudut Kota




Hampir Dua Setengah Tahun sudah aku tinggal di Kota Purwokerto untuk melanjutkan pendidikanku dibangku perkuliahaan. Tahun demi tahun aku lewati banyak pula perubahan yang aku lihat dan rasakan di kota yang mendapat julukan sebagai kota Satria. Salah satunya adalah perubahan kondisi keasrian jalan di salah satu sudut kota yakni Jl. dr. Angka, yang dulu suasana Rindang dan Asri dengan rimbunya pepohonan di kanan kiri jalan sekarang malah berubah menjadi panas serta di penuhi dengan polusi asap-asap kendaraan bermotor yang semakin ramai ditambah lagi dengan semakin padatnya jumlah penduduk. Penyebab perubahan kondisi tersebut diakibatkan adanya pelebaran jalan guna pembangunan rumah sakit serta dengan alasan untuk mengurangi kemacetan yang biasa terjadi di pagi hari pada saat jam sekolah yang mengakibatkan pembabatan habis pohon-pohon tersebut. 

 Rimbunan Pohon yang tumbang di jalan dr.Angka 

 Seorang anak kecil yang meratapi Pohon-pohon yang tumbang

Sungguh sangat riskan sekali aku melihatnya, Pohon-pohon yang tumbuh rindang dan membuat suasana jalan menjadi sejuk sehingga pengendara bermotor serta pejalan kaki merasa nyaman dan santai saat melewati jalan tersebut, sekarang berubah dengan melebarnya jalan serta semakin banyaknya ruko-ruko yang berdiri di kanan kiri jalan tersebut. Semudah itukah menghilangkan keasriaan dan kerindangan jalan tersebut dengan menebang pohon-pohon yang sudah lama tumbuh dan berdiri tegak memberikan kerindangan serta kesejukan bagi terciptanya keindahaan kota dengan menggantinya berupa rangka-rangka beton yang menjulang tinggi yang bertujuan untuk memberikan peluang kepada para investor untuk menanamkan sahamnya sehingga mendapatkan keuntungan besar demi terciptanya sebuah kota yang modern.

Pelebaran jalan dengan bantuan alat berat

Sungguh, sangat memprihatinkan sekali hanya gara-gara pembangunan rumah sakit yang bertaraf modern sehingga berani mengorbankan rimbunan pohon yang meneduhkan sepanjang jalan dr.Angka. Seharusnya pemerintah daerah beserta penanggung jawab akan hal tersebut, harusnya sadar bahwa pentingnya manfaat dari pohon-pohon yang tumbuh di sepanjang jalan tersebut. Manfaat pohon sangatlah banyak  antara lain menahan laju air sehingga akan lebih banyak air yang terserap ke dalam tanah, memasok kebutuhan oskigen (O2) melalui fotosintesis serta mengurangi kadar CO2 yang diakibatkan dari hasil aktivitas manusia, pabrik, dan kendaraan bermotor, Menyaring kotoran (debu jalanan, abu pabrik/rumah tangga) dan dengan serta kerimbunan dedaunan, debu, dan abu dapat menempel pada daun, yang di saat hujan akan tercuci oleh air hujan.
 Pasca kondisi jl.dr. Angka setelah penebangan pohon 

Begitu banyaknya manfaat yang diberikan  pohon bagi kehidupan kita, seharusnya pemerintah daerah sadar dan berupaya untuk menjaganya serta menghijaukan kembali kota agar nantinya tampak asri seperti semula. Pemerintah harusnya menjadi contoh untuk menggerakkan terciptanya penghijauan kota jangan hanya memanfaatkan kekuasaannya untuk menjual lahan terbuka kepada para investor dan peran masyarakat juga sangat penting demi mendukung terciptanya hal tersebut.
Mari Lestarikan Pohon 

Mari kita peduli dengan keberadaan pohon disekitar lingkungan kita sehingga nantinya kita akan mewujudkan lingkungan perkotaan yang berkualitas baik.



4 comments:

Rizky said...

okey sudah ketemu..

1 orang boleh ngirim lebih dari 1 karya kada?

Catatan Sang Pemimpi said...

boleh mas....

saya kemarin liat ada salah satu blog yg ngirim lebih dari 1...
kalau menang,bagi2 ya mas hadiah ny.

Hilmy Nugraha said...

foto dari mana rif?

mantap.

Catatan Sang Pemimpi said...

foto ny dari om google mas....lumayan susah nyari ny....