Libur seminggu sebelum UTS...

         

Libur  persiapan UTS pun telah tiba…

Lumayan  waktu  libur  selama seminggu penuh bisa di manfaatin buat pulang kampung tapi hal tersebut tidak bakal terjadi padaku…

Sebagai seorang mahasiswa perantauan, waktu seminggu sangat lah tidak cukup  untuk pulang ke kampung halaman dan  dihitung-hitung dari segi biaya jga cukup mahal…

Alhasil, waktu libur seminggu pun aku habiskan hanya d purwokerto saja, Kota yang  bagiku memberikan banyak pengalaman dan pelajaran bagaimana memaknai kehidupan yang sebernarnya serta bagaimana kita bisa  hidup secara  sederhana.

Liburan seminggu pun aku  lalui dengan uang kiriman yang semakin menipis...

Dihari kedua liburan, pada pagi harinya tiba-tiba aku  mendapatkan  sms dari kedua orang teman kuliahku…

Kedua temanku  bermaksud untuk meminjam uang kepadaku, tujuan mereka meminjam uang untuk melunasi administrasi keuangan kuliah yang masih kurang karena apabila belum lunas mereka terancam tidak mengikuti ujian tengah semester..

Berhubung keperluan temanku lebih penting dan sangat darurat. Uang kiriman  yang aku pegang pun  ku pinjamkan  kepada kedua temanku asalkan mereka bisa mengikuti ujian  tengah semester. Aku pun sangat miris melihat keadaaan ini.

Meskipun aku  tidak bisa pergi kemana-mana, aku  pun terpaksa menunda salah satu hobiku sebagai seorang backpacker .

tapi tak apa lah, aku  pun berniat untuk memanfaatkan waktu  dengan sebaik mungkin selama liburan kali ini, yakni aku mulai menyiapkan diri untuk persiapan  menjelang ujian tengah semester.

Aku ingin benar-benar fokus belajar untuk di semester terakhir ini, Aku pun mulai mencari dan memfotokopy soal-soal ujian tahun lalu, mulai memfotokopy catatan teman-teman  yang rajin dalam hal mencatat karena dapat di bilang aku adalah seorang mahasiswa yang sangat jarang mencatat secara detail apa yang ada di slide yang di berikan oleh dosen. Aku lebih sering memperhatikan dan mencatat penjelasan dari dosen daripada mencatat slide yang ada di depan.

Hari keempat sampai H-1 Menjelang UTS, aku jalani  rutinitasku dengan   pergi ke kampus lebih pagi dan pulang nya pun  sore hari hingga menjelang adzan  maghrib berkumandang.

Suasana kampus pun ternyata masih  ramai, hal tersebut tidak seperti biasanya terlihat dimana pada saat libur kondisi kampus pun lengang dan sunyi…

Yang membuat kampus ramai dikala liburan  kali  ini adalah  kaka-kaka mahasiswa baik itu regular maupun  jardiknas sedang sibuk-sibuknya dengan persiapan sidang tugas akhir mereka. Dapat dilihat kesibukan  mahasiswa pun  terlihat disana-sini di setiap sudut kampus, ada yang melakukan revisi laporan, validasi nilai, minta tanda tangan dosen pembimbing dan akademik pun tidak kalah  sibuknya dengan  mengurusi berbagai keperluan  mahasiswa untuk melaksanakan sidang tugas akhir.

Pada saat  itu aku melewati lorong kampus dan tak sengaja juga  aku melihat dan  membaca pengumuman tentang ruang, waktu, serta penguji sidang tugas akhir yang di tempel di papan pengumuman tepat di depan  lab komputer,

Hal tersebut mengingatkanku  pada pengumuman yang ada di milis. Flash back ke beberapa hari yang lalu, waktu itu selagi makan malam bersama teman-temanku di warung pak "D"

Aku pun meminjam hp baru milik temenku, yang merek nya sesuai dengan tren hp masa kini yang banyak di pakai anak muda zaman sekarang.

Wah…..wah…..

Hebat sekali inbox pesannya bisa menerima updatetan email milis juga..mantap dah…!!!

Dan aku buka pengumuman milis yang ada di dalam inbox email temanku,

Isinya memberitahukan tentang sidang tugas akhir,dimana bagi mahasiswa yang ingin melihat suasana bagaimana sewaktu sidang tugas akhir dapat hadir sebagai penonton dan tujuannya agar para mahasiswa yang belum mengambil tugas akhir dapat mengetahui bagaimana proses sidang berlangsung serta agar nantinya dapat lebih lagi mempersiapkan diri dalam menghadapi sidang.

 Tanpa berpikir panjang lebar lagi aku segera memutuskan untuk melihat sidang tugas akhir kaka kelasku. Alhamdulillah pada hari itu ada dua jadwal sidang tugas akhir. 

Owh…ternyata suasana sewaktu sidang tugas akhir seperti itu,

Dimana seorang penyaji dihadapkan dengan empat orang penguji dan  akan dihujani dengan beberapa pertanyaan tentang apa yang disajikan selama sidang.

Pada intinya seorang penyaji harus sudah siap dalam  penguasaan  materi yang akan disajikan serta memahami secara konsep maupun praktiknya.

Perbedaan seorang yang bergerak di bidang teknik dan engineer  adalah seorang yg bergerak di bidang teknik hanya menguasai aspek teknik saja tapi untuk seorang engineer dia harus menguasai konsep teori beserta prakteknya juga.

Alhamdulillah,
Akhirnya aku bisa tau bagaimana kondisi sidang tugas akhir sebenarnya,

Mudah-mudahan dengan hal tersebut, membuatku lebih siap dan semangat dalam menyiapkan tugas akhirku..Amin Ya Rabb..

Liburanku yang berkesan dan bermanfaat dengan memaksimalkan waktu yang aku punyai yang diberikan oleh-Nya. 


Comments

Popular posts from this blog

Ibu

Profil Feronika Ang (Masterchef Indonesia)

PCM (Pulse Code Multiplexing)