Saturday, 30 October 2010

Peran-Peran Dalam Tim (Driver)

A.Driver
       Driver adalah seseorang yang mampu membuat keputusan secara intuitif. Dalam menarik sesuatu kesimpulan seorang Driver cenderung menggunakan kekuatan insting daripada harus melakukan analisis yang mendetail. Detail adalah hal paling akhir yang mereka ingin lakukan.

   Driver menyukai perubahan. Jika tidak menemukan perubahan-perubahan yang membuat mereka bergairah, mereka akan berusaha merangsang terciptanya perubahan dalam lingkup diri mereka sendiri. Mereka akan menyukai berada di jalur cepat dan selalu berusaha melaksanakan tugas dengan cepat, serta meninggalkan orang-orang yang menurut mereka lamban, biasanya dengan mengesampingkannya dalam proses kegiatan, tanpa menaruh peduli.

       Peran Driver adalah untuk melihat jauh ke depan. Driver menciptakan visi tentang masa depan yang harus dicapai, dan menginginkan semua orang bekerja untuk mencapainya. Karena mereka lebih suka “menjelaskan” daripada “menjual” visi masa depan mereka, sering timbul permasalahan karena mereka cenderung memaksa orang lain untuk berlari dengan kecepatan dan arah yang sesuai dengan kemauan Driver.

Seorang Driver dapat mellihat kesempatan dalam “gambar yang besar” dan menghitung keuntungan “yang mendasar”. Mereka melihat angka-angka yang besar dan menghendaki “tujuan-tujuan yang besar”. Akibatnya, mereka cenderung bertindak sebagai “pengambil resiko” yang percaya pada gerak cepat yang menjamin keberhasilan. Jika sebuah tim harus membuat keputusan yang besar, biasanya Driver-lah pertama berhasil membuatnya.

      Driver adalah orang ang mampu membangkitkan semangat dan mengembangkan tim, dan mereka akan selalu menekankan agar tim selalu siap untuk meraih setiap kesempatan yangmuncul . Bagi Driver, permasalahan yang dihadapi tim tidak ubahnya makanan dan minuman sehari-hari. Seorang Driver yang bertindak sebagai juru pemecah masalah dan katalis perbaikan tim, membuat tim menjadi tempat kerja yang baik.

Tips (+)

-          membuat keputusan – keputusan besar untuk tim
-          mencanangkan tujuan yang harus dicapai dari tugas-tugas tim dan pengembangan tim
-          menentukan arah bagi pengembangan tim
-          membagi tugas diantara anggota tim
-          merangsang tim agar selalu aktif
-          berpikir untuk mengembangkan : orang-keterampilan-pengaruh-kematangan tim

Tips (-)
-          mendengarkan ide dan kritik dari anggota lain
-          tidak hanya menyetir tim, tapi cermati kemajuan, sarana/sumber daya, dan keterampilan tim
-          memperhatikan juga detail  selain keputusan yang besar
-          berpikir tentang peran bukan fungsi
-          memperbanyak waktu yang disediakan bagi orang lain

A.1. Developer

      Seorang developer mampu mengidentifikasikan arah bagi timnya. Ia mengklarifikasi berbagai peluang, memiliki visi serta strategi untuk meraihnya. Seorang Developer-lah yang memastikan timnya tetap tumbuh dengan menempuh jalan terbaik yang sesuai degan arah yang telah dipilih. Pertumbuhan yang mengantarkan tim menjadi tim yang sehat, matang, dan memiliki tujuan-tujuan sehat dilakukan misalnya dengan cara mendorong terciptanya keterbuakaan yang lebih besar dan mengurangi budaya saling tuding ketika terjadi kesalahan.

      Seorang Developer juga selalu berusaha membangun pengaruh dan kekuatan tim, sehingga begitu berbagai kesempatan semakin meningkat tim cukup tangguh untuk mengambilnya – juga bekerja keras untuk membangun kepercayaan diri tim supaya caukup tangguh dalam melakukannya.

A.2. Director

      Pada umunya seorang Director merasa tidak puas dengan cara kerja yang sudah ada. Mereka melihat setiap “perbaikan” sebagai sebuah tantangan dan “perubahan” adalah sesuatu yang wajar. Jika mereka menemukan cukup tantangan di dalam tim, mereka akan berusaha mencarinya diluar. Seorang Director –lah yang mampu menyingkirkan berbagai hal yang menghambat tim untuk maju, seperti “Cara kerja semacam ini tidak pernah kita pakai disini”, atau “ni memang menarik, tetapi tampaknya tidak tepat untuk diterapkan disini”. Dalam kenyataannya, setiap kali muncul cara baru dalam mengerjakan sesuatu, Director menginginkan tim untuk menerapkannya.

      Director mampu membuat suatu pekerjaan terselesaikan – biasanya dikerjakan oleh orang lain !. Mereka mengusulkan tindakan-tindakan yang baru dan mengubah cara  kerja tim. Mereka cenderung menuntut, memberi instruksi, mendesak dan memaksa serta menantang orang sedemikian untuk memperjuangkan agar keinginan mereka dikerjakan.

A.3. Innovator

      Seorang Innovator  adalah sumber terciptanya usaha-usaha tim yang kreatif. Innovator adalah  orang yang kaya imajinasi dan gagasan asli, serta yang mau mengabdikan diri mencari cara untuk membuat kerja tim menjadi lebih efektif, dalam seluruh aktivitasnya.

   Seorang Innovator adalah  katalis bagi tim, membentuk kejelian tim dalam melihat peluang, memperkenalkan metode-metode baru, dan menyemangati tim agar terus maju. Mereka turut memperkuat ikatan kebersamaan antar anggota, tetapi tanpa harus mendekati setiap anggota satu persatu. Memperbaiki metode yang digunakan tim berarti memperbesar peluang mencapai sukses. Memperbaiki kinerja tim dan kinerja perseorangan menjadikan kerja sama tim lebih menarik dan keanggotaan tim lebih terhormat.

      Seorang innovator memberi solusi-solusi yang asli terhadap permasalahan tim, yang memungkinkan tim untuk melakukan perbaikan. Innovator mempercepat terjadinya proses perubahan,